Dapat Melindungi Kesehatan Otak, Ini 8 Manfaat Ketumbar yang Perlu Diketahui

Dapat Melindungi Kesehatan Otak, Ini 8 Manfaat Ketumbar yang Perlu Diketahui

ilustrasi gambar, Ketumbar (sumber : www.halodoc.com)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Ketumbar adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. 

Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1–2 mm. Ketumbar mempunyai aroma yang khas.

Tapi, tahukah kamu bahwa ketumbar ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan untuk tubuh kita. Di antaranya ketumbar dapat menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan jantung.

Nah, selain meningkatkan citarasa dan aroma masakan, nyatanya ketumbar juga dianggap sebagai salah satu makanan sehat. Sebab, bumbu dapur ini dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. 

BACA JUGA:Nonton Tsuki ga Michibiku Isekai Douchuu 2nd Season Episode 11 Subtitle Indonesia

Manfaat Ketumbar yang Perlu Diketahui 

1. Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah  

Gula darah tinggi merupakan faktor risiko diabetes tipe 2. Biji ketumbar, ekstrak, dan minyaknya diyakini dapat membantu menurunkan gula darah. Hal ini berdasarkan penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa biji ketumbar mengurangi gula darah. 

Lantaran biji ketumbar dapat meningkatkan aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gula dari darah.

Bahkan, studi lain yang dilakukan pada tikus dengan obesitas dan gula darah tinggi juga menemukan hal menarik. 

Dosis tunggal 20 miligram per kilogram ekstrak biji ketumbar menurunkan gula darah sebesar 4 milimol per liter dalam 6 jam, serupa dengan efek dari obat gula darah glibenclamide.

BACA JUGA:Nonton Dosanko Gal Wa Namara Menkoi Episode 11 Subtitle Indonesia

2. Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Biji ketumbar juga memiliki beberapa antioksidan, yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Berdasarkan beberapa penelitian, antioksidannya juga telah terbukti melawan peradangan di tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber